W..E.L.C.O.M.E to M.Y S.P.A.C.E !!!

Sabtu, 07 Januari 2012

Pengalaman menjadi Account Officer


Pada mata kuliah microfinance yang di bimbing oleh Bapak Dr. Iskandarsyah, S.E, MM kami diberikan game untuk menjadi seorang “Account Officer (AO)” di Baitul Qiradh Darul Mizan. Game ini diberikan untuk memenuhi syarat dalam mata kuliah microfinance. Account Officer adalah orang yang bertugas mencari nasabah yang layak sesuai kriteria peraturan Bank. Sebelum kami terjun langsung ke lapangan untuk mencari nasabah, kami diberi pengarahan terlebih dahulu tentang apa saja tugas seorang AO.

Pada awalnya saya merasa berat untuk mencoba dan melatih diri untuk menjadi seorang AO. Mungkin karena kurangnya pengetahuan saya mengenai apa itu AO,tugas dan tanggung jawab yang di jalankan. Ditambah kurangnya percaya diri saya akan diterima dengan baik oleh calon nasabah nantinya. Tapi karena ini adalah suatu kewajiban, saya tetap harus melaksanakannya dengan baik. Karena saya tahu, dalam setiap game yang diberikan ada pelajaran yang dapat kami ambil sebagai pembelajaran.

Kenyataannya, tidak mudah untuk mencari nasabah. Ini mungkin dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang apa itu Baitul Qiradh. Dan sebagai seorang AO saya berkewajiban untuk menjelaskan apa itu Baitul Qiradh. Saya juga harus menjelaskan produk apa saja yang ditawarkan oleh Baitul Qiradh. Namun tidak sampai disitu saja perjuangan saya. Karena banyak juga calon nasabah yang tidak mempercayai saya dan takut kalau saya hanya menipu mereka. Ini mungkin disebabkan karena saya tidak memiliki identitas resmi sebagai seorang AO. Tapi karena kesungguhan, akhirnya saya berhasil mendapatkan beberapa orang nasabah :

1.      Syilfia Indriani, Jenis Tabungan : Mizan Tamita, Saldo Awal: Rp 10.000
2.      Zaindra Febriben, Jenis Tabungan : Mizan Tamita, Saldo Awal: Rp 10.000
3.      M. Ali Nurdin, Jenis Tabungan : Mizan Tamita, Saldo Awal: Rp 10.000
4.      Syaiful Anwar, Jenis Tabungan : Mizan Tamita, Saldo Awal: Rp 10.000
5.      Rini Anggraini, Jenis Tabungan : Mizan Tamita, Saldo Awal: Rp 10.000
6.      Yanurizal, Jenis Tabungan : Mizan Tamita, Saldo Awal: Rp 10.000
7.      Sumarniati, Jenis Tabungan : Mizan Tamita, Saldo Awal: Rp 10.000

Banyak pengalaman yang saya dapatkan dengan menjadi seorang AO. Saya juga mendapatkan pelajaran berharga :
-          -Kalau kita mau berusaha pasti bisa
-          -Jangan terlalu cepat menyerah sebelum kita mencoba
-          -Saya jadi tau bagaimana karakter tiap masyarakat berbeda-beda
-          -Selalu tersenyum walaupun banyak yang mencemooh dan tidak mempercayai kita
-          -Kita tidak akan tahu sebelum kita mencoba hal-hal baru

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi mahasiswa yang kelak mendapatkan tugas sebagai seorang AO nantinya. Dan bagi saya pribadi, semoga ini dapat menjadi bekal untuk kedepannya apabila nanti saya bekerja sebagai seorang AO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar